Walikota Denpasar Prioritaskan Penanganan Pemulihan Ekonomi dan Vaksinasi

Dikabari.com | Denpasar – Pimpin Rakor Pembangunan Secara Daring Jaya Negara Prioritaskan Masalah Sampah, Penanganan Pandemi, Pemulihan Ekonomi, dan Percepatan Vaksinasi

Rapat Koordinasi (Rakor) Pembangunan Triwulan Pertama Tahun Anggarna 2021 dipimpin Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Wakil Wali Kota I Kadek Agus Arya Wibawa, Selasa (6/4/2021) di Graha Sewaka Dharma Denpasar.

Dalam rapat yang diselenggarkaan secara daring/virtual hadir pula Pj. Sekda Kota Denpasar, I Made Toya dan para Asisten Sekda Kota Denpasar. Serta diikuti seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), perusahana daerah, camat, perbekel/lurah, serta kepala puskesmas se Kota Denpasar.

Wali Kota Jaya Negara dalam sambutannya mengajak seluruh OPD hingga perusahaan daerah Kota Denpassr untuk fokus laksanakan pembangunan menyesuaikan dengan kondisi Covid-19.

“Dalam kesempatan ini marilah kita Tetap fokus melaksanakan pembangunan sesuaikan dengan kondisi covid-19,” ajak Jaya Negara.

Dijelaskan bahwa fokus pada pelaksanaan pembangunan meliputi beberapa program prioritas baik jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Prioritas jangka pendek meliputi upaya penanganan sampah, percepatan penanganan covid 19, pelaksanaan vaksinasi, dan upaya pemulihan ekonomi melalui stimulus perekonomian.

Disamping itu jangka pendek juga berkaitan dengan pembelajaran tatap muka, Pelatihan tenaga kerja yang di PHK, fasilitas pemberian modal kerja, E-Market Place, pengembangan produk Berstandar ekspor, hingga optimalisasi Dharma Negara Alaya untuk kreatifitas dan pemulihan ekonomi.

Sedangkan dalam program prioritas jangka menengah dan jangka panjang yang meliputi permasalahan sampah, pengadaan air bersih, pemenuhan infrastruktur perkotaan berkaitan dengan jalan dan wajah kota.

Lebih lanjut Jaya Negara menjelaskan arah kebijakan pembangunan lima tahun kedepan yakni mewujudkan Denpasar makmur, aman, jujur, dan unggul berbasis budaya yang dijiwai agama Hindu dan dilandasi Tri Hita Karana.

“Adapun landasan kebijakan bertumpu pada tiga pilar, yaitu pemerataan pembangunan, dan hasil-hasilnya, Stabilitas daerah yang sehat serta supremasi hukum.Hal ini juga mengacu pada kebijakan dasar yakni kebudayaan Bali sebagai landasan segala gerak dan langkah pembangunan dalam mewujudkan pembangunan berbasis budaya,” terangnya.

Sementara Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kota Denpasar, I Gede Cipta Sudewa Atmaja, menyampaikan Tema Rakor yakni melalui Rakor pelaksanaan pembangunan kita mantapkan capaian triwulan pertama Tahun Anggaran 2021 guna mewujudkan kota kreatif berbasis budaya menuju Denpasar maju. Terkait dengan progres fisik dan keuangan pada triwulan pertama telah mencapai target.

“Pada triwulan pertama ini capaian fisik dan keuangan telah mencapai target meski ada beberapa yang masih dalam progres administrasi,” ujarnya.

Terkait dengan upaya-upaya yang dilakukan melalui koordinasi dan komunikasi secara intensif, pelaksanaan monev Tepra bersama tim Tepra, monev pengawasan dan pengendalian, pembangunan fisik di lapangan serta berkoordinasi dengan pemerintah Provinsi Bali dan pusat.

*/ans

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *