Keluarga Memiliki Peran Sentral Sebagai Ujung Tombak Edukasi Perubahan Perilaku

“Dimulai dari diri sendiri harus sehat, bila tidak sehat harap tidak bepergian. Orang yang sehat dan beraktifitas di luar harus memakai masker, membawa hand sanitizer dan jaga jarak minimal 1 meter. Ketika tiba di rumah, orang bersangkutan harus mempertimbangkan anggota keluarga di rumah sehingga seperti tercantum di Protokol untuk segera mandi sebelum berinteraksi,” ujar Rusmiyati.

Menjaga jarak diakui Rusmiyati banyak dilanggar masyarakat. Dari Hasil Survei Kepatuhan Masyarakat oleh Puslitbang Humaniora dan Manajemen Kesehatan, Badan Litbangkes, meskipun 96,6% dari 19.654 responden paham untuk menjaga jarak, namun prakteknya hanya 54,29% responden yang taat. Itu sebabnya Rusmiyati berpendapat, kampanye harus semakin massif dilakukan.

Narasumber lain dalam webinar ini yaitu Risang Rimbatmaja, praktisi komunikasi interpersonal, sepakat bahwa keluarga adalah sasaran utama untuk diedukasi karena masih banyak masyarakat yang beranggapan bahwa di dalam rumah anggota keluarga pasti aman. Meski edukasi tidak mudah karena saat ini sebagian warga dalam kondisi stress dan cenderung acuh, namun cara mengkomunikasikan Protokol Kesehatan Keluarga dapat ditempuh dengan dialog ringan atau story telling.

“Saat ini tidak jarang tenaga kesehatan juga dikucilkan saat melakukan edukasi karena dianggap berlebihan. Meski demikian edukasi harus terus dilakukan karena virus Corona ini masih ada. Untuk mengubah perilaku, pemimpin baik di keluarga atau kelompok masyarakat harus dapat jadi panutan yang baik. Masyarakat bisa diajak dialog ringan cara penularan virus agar paham pencegahannya, paham memakai masker karena penularan bisa dari udara dan droplet, tahu bahwa virus ini bisa mematikan tetapi bisa dicegah. Artinya, masyarakat diberikan solusi untuk mencegah terpapar dan bukan ditakut-takutin. Jika masyarakat paham, diharapkan stigma pada penderita yang terkonfirmasi juga hilang,” tutup Risang. Her

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Sponsor