Anak Penyandang Disabilitas Perlu Pendampingan Optimal di Masa Pandemi Covid-19

Sementara itu Ketua Yayasan Pendidikan Dwituna Rawinala, Budi Prasojo menerangkan tidak mudah bagi anak penyandang disabilitas memahami kondisi pandemi ini. Pendampingan keluarga dan orangtua sangat penting bagi anak penyandang disabilitas, terutama memasuki era normal baru ini, mengingat keterbatasan yang dimiliki anak dan minimnya pemahaman orangtua, keluarga maupun pendamping.

“Oleh karena itu, kami memberi informasi dan edukasi terkait Covid-19, cara mencegah penularannya, cara mendampingi anak belajar di rumah, dan apa saja protokol kesehatan yang harus dilakukan. Edukasi ini kami berikan tidak hanya kepada anak, tapi juga orangtua maupun orang dewasa lainnya sebagai pendamping,” ungkap Budi.

Budi menyampaikan pihaknya telah memberikan berbagai upaya pendampingan kepada anak penyandang disabilitas, khususnya saat menghadapi pandemi Covid-19.

“Adapun pendampingan yang diberikan berupa pendampingan individu (seperti kegiatan rutin merawat dan membersihkan diri sendiri). Selain itu, melakukan pendampingan kelompok melalui sosialisasi dengan memanfaatkan waktu luang dan pendampingan vokasional (bimbingan kejuruan), serta pendampingan bersama keluarga melalui kegiatan pembelajaran di rumah,” urainya

Holly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *