Relawan Padamu Negeri Mengucapkan Selamat Bekerja Pemerintahan Jokowi Ma’aruf Amin Beserta Kabinet Indonesia Maju


Jakarta, dikabari.com – Ketua Umum Relawan Padamu Negeri (RPN), Albert Soekanta mengucapkan selamat bekerja bagi Pemerintahan Jokowi -Ma’aruf Amin beserta Kabinet Indonesia Maju. Ia juga mengucapkan terimakasih atas pemerintahan Jokowi- JK selama 5 tahun sebelumnya.

 “Kita mengucapkan terima kasih kepada bapak Jokowi dan JK atas kepemimpinannya selama 5 tahun. Kita melihat sangat-sangat banyak hasil yang dikerjakan selama ini, seperti pembangunan infrastruktur, tol laut, bandara, pelabuhan dan lain sebagainya,” ungkap Albert yang juga Ketua Presidium Kesatuan Buruh Marhaenis, kepada media ini.

Hal ini diutarakanya ketika ditanya tanggapannya terkait pelantikan Presiden dan paska dibentuknya Kabinet Indonesia maju, di Kantor Gren Pramuka Rawasari, Jumat (8/1/2019) didampingi petinggi RPN lainnya, seperti Penasehat RPN H.Djaili Azwar, Alimin Ginting dan Petris Cakra. Serta beberapa pengurus DPD RPN DKI, Robert Dede, Binar Bangun juga Sekjen Sabari Barus.

Sementara itu, Sabari Barus, Sekjen RPN mengatakan bahwa Relawan Padamu Negeri yang telah turut berjuang memenangkan Jokowi -JK 2014 dan memenangkan Jokowi – Ma’aruf Amin 2019 merasa bangga ikut berpartisipasi di Republik ini.

 “Selama perjalanan pengabdian Relawan Padamu Negeri di Pilpres 2014 dan pilpres 2019 kita tidak pernah mengeluarkan proposal meminta sumbangan kemanapun atau ke kementerian ataupun di daerah-daerah. Semua dana operasional dikeluarkan dari kantong pribadi ketua umum dan dana gotong royong para pengurus RPN dan penasehat,” ungkapnya.

Lebih lanjut Albert Soekanta memaparkan, bahwa berbagai prestasi Kabinet Kerja 2014-2019 telah ditorehkan, antara lain prestasi tinta emas yang dibuat oleh Basuki, Menteri PUPR. Begitu juga prestasi gemilang yang dilakukan oleh Susi Pudjiastuti dengan sepak terjangnya membela kepentingan nelayan Indonesia.

Kita ketahui sangat banyak terobosan-terobosan yang dilakukan. Di bidang kesehatan, pendidikan dan untuk kesejahteraan rakyat Indonesia. Meski begitu kita juga tahu masih banyak pekerjaan rumah yang harus dikejar dan dilaksanakan Jokowi – Ma’aruf Amin dalam kurun waktu 5 tahun kedepan

“Yang sudah bagus dikerjakan Jokowi-JK hendaknya teruslah dilanjutkan program-program yang untuk peningkatan kesejahteraan rakyat,” harapnya.

Menurut Albert ada hal-hal dicermati yang perlu mendapatkan perhatian serius dari pemerintahan Jokowi -Ma’aruf Amin, adalah sebagai berikut:

1.Teruskanlah program-program kelautan untuk kesejahteraan nelayan. Karena wilayah kita lebih luas laut dari darat. Tingkatkan sarana dan prasarana nelayan.

2.Perlu perhatian khusus terhadap kesejahteraan buruh

 3.Teruslah melakukan program-program peningkatan kesejahteraan petani. Dengan melakukan, diantaranya:
a.Perlu dibuatkan pabrik pembuatan bibit. Sehingga petani memiliki bibit yang unggul.
 b..Perlu pengawasan melekat terhadap pabrik pupuk milik BUMN ataupun swasta. Sehingga tidak ada lagi beredar pupuk palsu, yang terindikasi dibuat di pabrik rumahan, yang di edarkan di toko-toko pupuk.
 c.Perlunya diberikan alat-alat pertanian agar bercocok tanam dan panen jangan lagi manual. Sarana dan prasarana pertanian modern perlu dibantu. Dan pemasaran hasil pertanian perlu dipastikan. 4

4 .Membangun dari Desa. Salut kepada pemerintahan Jokowi –JK yang telah membangun seluruh wilayah republik Indonesia. Telah menyediakan dana desa, infrastruktur sarana dan prasarana pertanian, peternakan dan perikanan serta perikanan laut.
Sehingga arus urbanisasi akan jauh berkurang. Orang tidak lagi perlu mengadu nasib ke kota. Karena di desa sarana prasaran pertanian telah disiapkan. Dan tinggal di desa saat ini tersana nyaman dan kedepannya akan menjanjikan kesejahteraan bagi masayarakat.

5.Saran untuk KemenPAN-RB a.Perlu seleksi yang benar dan baik setiap pengangkatan jenjang karier dari eselon 4,3,2 dan 1.
a.Hal ini membutuhkan transparansi. Perlu dihilangkan KKN. Saran kita mohon diutamakan pengangkatan pegawai honorer menjadi PNS.
 b.Hendaknya dibuatlah tambahan insentif bagi ASN yang berprestasi. Misalnya dana insentif ini diperoleh dari dana CSR. c.Perlunya penyegaran dan penyempurnaan jabatan eselon 1 dan eselon 2 di lingkungan kemenPAN-RB. d.Hendaknya diberdayakan BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila) di lingkungan ASN. Pancasila dan Revolusi Mental perlu diterapkan. Kerjasama BPIP dengan seluruh kementerian sangat-sangat dibutuhkan. Dan pentingnya sebuah sistem untuk tercapainya SDM UNGGUL

6.BUMN Pendapatan terbesar bagi negara adalah pajak dan cukai. Dimana pajak dan cukai ini didapatkan dari swasta. BUMN kita belum terlihat memiliki terobosan-terobosan handal yang dapat menyumbangkan hasil keuntungannya yang signifikan. Malah banyak BUMN yang dinyatakan rugi.
 “BUMN kita terkesan kaku dan tidak memiliki terobosan-terobosan. Juga terkesan masih ada KKN dengan pengusaha.Untuk hal ini kita relawan padamu negeri dan kesatuan buruh marhaenis mengindikasikan terjadinya kebocoran-kebocoran terbesar terjadi di BUMN Pertamina, PLN,PTPN dan lainnya,” beber Albert.
Oleh karena itu, ia menyarankan tata kelola BUMN hendaknya dikembalikan ke pasal 33 UUD 1945. Dimana pengelolaannya kita pedomani berdasarkan Pancasila dan Trisakti.

“Kita lihat sistem dan tata kelola/ managemennya belum sesuai dengan amanat pasal 33 UUD 1945, Pancasila dan semangat Trisakti,” tandasnya.
 a. Menjamin kedaulatan negara dan bangsa atas sumber kekayaan alam
 b. Ramah terhadap investasi nasional maupun asing, dengan menjamin kepastian hukum dan keuntungan berusaha yang layak.
c.Membuka partisipasi rakyat luas dan daerah untuk bersama-sama terlibat dalam jaringan kerja yang adil dan terbuka d.Perlunya dibentuk Satgas BUMN/Konsultan Eksternal untuk mengaudit dan memeriksa kebocoran-kebocoran dan mark up yang terjadi di BUMN. Untuk menciptakan sistem managemen yang baik dan benar. BUMN Harus menjadi penyumbang terbesar bagi Negara..

7.Kita udah melihat banyak kemajuan dari BPJS. Namun masih perlu diberikan saran dan gagasan adalah:
 a.Hendaknya setiap kartu baru BPJS dapat langsung online. Karena sampai saat ini kartu baru dapat online dan dipergunakan setelah 14 hari diterima kartu baru BPJS. Hal ini adalah hanya sebuah sistem.
b.Perlu pengawasan melekat atas Rumah Sakit (RS)yang nakal. Kita indikasikan nakalnya RS, dikarenakan kurangnya pengawasan atau adanya indikasi KKN. Perlu sebuah terobosan.
c.Perlunya peningkatan honor dokter ysng dinas di RS mitra BPJS d.Kita sangat-sangat menyesalkan dinaikkannya iuran BPJS.
Hal ini akan membebani masyarakat menengah ke bawah.
Tadinya kita berharap tambahan dana yang dibutuhkan oleh BPJS dapat diperoleh dari CSR. Atau dibuatnya sebuah sistem online dan batasan–batasan agar jangan lagi terjadi defisit anggaran BPJS.

8.Menurut pemerintah bahwa angka kemiskinan adalah 9%.
Saran kita hendaknya semua subsidi dicabut, karena yang menikmati subsidi tersebut bukanlah masyarakat miskin, tapi yang 91%, khususnya masyarakat ekonomi menengah ke atas.
Namun sebelum segala subsidi dicabut. Dipastikan dulu kartu sakti Jokowi udah didapat oleh masyarakat yang tidak mampu 9.Kartu Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Sehat, Kartu Mahasiswa Pintar, Kartu Sembako Murah dan lainnya hendaknya perlu diawasi dan dibuat tata cara pembagian yang benar. Agar penerima tersebut benar-benar masyarakat yang tidak mampu. Sehingga program pemerintah pusat berjalan dengan baik dan dinikmati oleh masyarakat yang benar-benar membutuhkannya.

10.Kementrian Sosial
 a.Perlunya penyegaran bagi jabatan eselon 1 dan 2.
b.Meningkatkan Program Rumah tidak layak huni RPLH/Rutilahu yang penanganannya dibawah Ditjen penanganan fakir miskin Kemensos.
c. Meningkatkan Program Keluarga Harapan ( PKH).
d.Perlu terobosan-terobosan baru untuk menopang masyarakat miskin..

11.Kementerian Kesehatan:
a.Kita berharap Kementerian Kesehatan jangan menjadi Pemadam Kebakaran. Dibutuhkan deteksi dini dan pencegahan. Khususnya bagi kesehatan Ibu Hamil, gizi anak, immunisasi dan lainnya.
 b.Pencegahan dan sosialisasi hidup yang sehat dan benar perlu bagi seluruh masyarakat Indonesia melalui penyuluhan-penyuluhan oleh Puskesmas . Serta pemeriksaan kesehatan rutin oleh Puskesmas ke rumah- rumah. Sehingga puskesmas bisa mendata penyakit apa yang sering diderita oleh masyarakat dan dapat diberikan solusinya..
c .Perlunya tambahan isentif bagi pegawai-pegawai di puskesmas sebagai ujung tombak kesehatan masyarakat..

12.Kita apresiasi dan salut untuk Jokowi- JK yang telah banyak memberikan sertifikat tanah gratis kepada rakyat Indonesia. Sekitar 7.000.000 sertifikat telah diberikan gratis ke rakyat.
Melaksanakan UU Landreform tahun 1960 secara bijaksana dan terukur dengan : a.Membagikan lahan tidur kepada kepada keluarga miskin untuk dikelola sebagai lahan pertanian mereka.
 b. Mengembalikan hak tanah rakyat yang dirampas oleh pihak pihak tertentu, termasuk pihak PTPN di masa orde baru, dikembalikan kepada rakyat sebagai pemiliknya.
c.Menarik dan membatalkan HGU yang ditelantarkan ataupun yang diindikasikan diperoleh dari hasil KKN.

 “Kita berharap nantinya setiap menteri hendaknya melaksanakan visi misi Jokowi – Amin berdasarkan Pancasila, Trisakti dan Revolusi Mental. Dimana kita berharap dihasilkan program-program kerakyatan, kesejahteraan rakyat dan kemajuan NKRI. SDM Unggul menuju Indonesia Maju,” kata Albert.

Begitu juga jabatan komisaris di BUMN, tambahnya, hendaknya Jokowi dapat mendudukkan ketua-ketua umum ataupun ysng diusulkan oleh relawan. Sehingga relawan dapat berpartisipasi mengawal dan mendukung program-program pemerintahan ke depan.

Diketahui di KSP, organisasi relawan yang terdaftar sejak Pilpres 2014 ada sebanyak 117 organoisasi relawan. Tapi sebagian besar belum diberdayakan. Sedangkan di TKN 2018/2019 terdaftar sekitar 700 organisasi relawan.
Dalam hal ini perlu jadi perhatian khusus pemerintahan Jokowi – Ma’aruf Amin agar diberdayakan dan mengawal visi misi Jokowi – Ma’aruf 12.NKRI Tirani orde baru banyak menyimpang dari amanat Proklamasi, UUD 1945 dan Pancasila. Khususnya KKN dan sistem pemerintahan otoriter. Tadinya kita merasa Reformasi adalah jawaban dari kerinduan rakyat untuk sejahtera. Tetapi nyatanya elit-elit politik malah dikuasai oleh kaum kapitalis. Bahkan Kapitalis menguasai eksekutif, yudikatif dan legislatif.

Untuk hal ini kita menghimbau kepada pemerintahan Jokowi Ma’aruf Amin agar : a.Laksanakan UUD 1945 secara murni dan konsekwen b.Laksanakan Revolusi Mental dan Pancasila. Tegakkan hukum yang merongrong integritas Pancasila dan NKRI.

Menurut Ketua Umum RON ini, Indonesia adalah Surga yang ada di dunia. Sebabnya segala SDA terdapat di Indonesia.Dan dalam kurun waktu 5 tahun kedepan kita berharap Hutang-hutang Indonesia dapat lunas dan rakyat sejahtera.

Meski begitu semuanya tergantung pada Tata Kelola yang benar dan baik. Sekali lagi Albert Soekanta mengucapkan selamat bekerja bagi Pemerintahan Jokowi – Ma’aruf Amin bersama Kabinet Indonesia Maju.

 H.Djaili Azwar Penasehat RPN menambahkan.   “Kita Relawan Padamu Negeri siap mengawal dan membantu Pemerintahan Jokowi Ma’aruf Amin 5 tahun ke depan,” tegasnya.

“Jayalah Indonesia. Sejahterakan Rakyatnya,” ucap Albert Soekanta dengan semangat berapi api. nargo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *